Cegah Ambeien dengan Probiotik

Wasir atau ambeien adalah gangguan yang terjadi pada anus, dimana anus mengalami pembengkakan dan kadang juga disertai pendarahan. Selain disebabkan karena terlalu banyak duduk atau berdiri, umumnya wasir disebabkan karena seringnya mengejan terlalu keras saat BAB.

Biasanya orang mengejan terlalu keras pada saat BAB ketika mengalami kesulitan untuk mengeluarkan feses, gejala ini disebut konstipasi atau sembelit. Sehingga tidak mengherankan para ahli kesehatan menyatakan sembelit atau konstipasi sangat berpotensi menyebabkan ambeien. Bahkan pada level yang lebih parah, konstipasi yang cukup hebat atau disebut juga dengan obstipasi dapat menyebabkan kanker usus atau kanker rektum.

Meski terdengar sepele, ternyata banyak juga orang yang mengalami konstipasi, termasuk kita barangkali. Jarang olahraga, asupan gizi yang tidak seimbang dan pola hidup tidak sehat menjadi sebab utama konstipasi. Meski jarang dijumpai, konstipasi bisa juga disebabkan karena sedang berpuasa sehingga tubuh kekurangan cairan, pengaruh hormon, atau efek samping karena meminum obat-obatan tertentu.



Untuk mengatasi konstipasi, banyak cara yang dapat dilakukan di antaranya banyak mengkonsumsi makanan berserat, penuhi kebutuhan cairan dengan minum air minimal 2 liter setiap harinya, biasakan BAB secara teratur dan mengkonsumsi probiotik untuk memperbaiki sistem pencernaan.

 

Apa itu probiotik?

Probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau manfaat kesehatan pada organisme lain yang menjadi inangnya. Dalam istilah biologi, probiotik bisa disebut sebagai makanan suplemen yang memberikan manfaat bagi inangnya (tubuh manusia) untuk meningkatkan hubungan keseimbangan mikrobial dalam usus. Bakteri probiotik ini dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh melalui beberapa mekanisme molekuler yang kompleks, sebagaimana kompleksnya ekosistem bakteri pada saluran gastrointertinal manusia.

Untuk dapat hidup dan berkembangbiak dengan baik, bakteri probiotik membutuhkan makanan, yang disebut prebiotik. Prebiotik merupakan suatu komposisi pangan yang tidak dapat dicerna. Beberapa kandungan prebiotik antara lain inulin, fructooligosakarida (FOS), galactooligosakarida, dan laktosa. FOS secara alami ditemukan pada karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh manusia.

Beberapa manfaat probiotik di antaranya, memperbaiki keluhan malabsorpsi laktosa, meningkatkan ketahanan alami terhadap infeksi di usus, supresi kanker, menurunkan kadar kolesterol darah, stimulasi imunitas gastrointestinal dan memperbaiki sistem pencernaan yang juga berdampak pada lancarnya sekresi dan terhindar dari konstipasi.

Macam-macam Probiotik

Saat ini banyak sekali beredar produk-produk probiotik di pasaran sehingga mudah bagi kita untuk mendapatkannya. Beberapa jenis probiotik yang ada antara lain :

Yogurt

Yogurt adalah susu yang dibuat melalui proses fermentasi bakteri. Yogurt dalam dibuat dari susu apa saja, seperti susu sapi, susu kambing bahkan susu kedelai. Akan tetapi sumber produksi yogurt saat ini masih didominasi susu sapi. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan untuk menghasilkan protein susu dengan tekstur dan bau yang unik pada yogurt.

Mengkonsumsi yogurt dapat membuat tubuh kita lebih sehat. Kandungan nutrisi yang ada dalam yogurt sangat baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat yogurt di antaranya ; menyehatkan pencernaan, menurunkan resiko hipertensi, mencegah osteoporosis dan mengurangi resio terjadi infeksi pada vagina.

Kefir

Kefir adalah minuman dari daerah Kaukasus yang terbuat dari susu dan telah melalui proses fermentasi. Cara pembuatannya dengan memasukkkan bubuk kefir ke dalam susu sapi, kambing atau domba. Bedanya dengan yogurt adalah kefir berbentuk cair sedangkan yogurt berwujud kental.

Sebagai probiotik, kefir memiliki beberapa manfaat di antaranya ; mencegah berbagai macam alergi, mencegah pertumbuhan kanker dan tumor, mencegah pertumbuhan organisme pengganggu, mengatasi gatal-gatal pada kulit dan membasmi jamur.

Sinbiotik

Selain mengkonsumsi probiotik untuk mencegah sembelit dan mengurangi potensi ambeien, kini muncul “spesies” baru yang merupakan kombinasi antara probiotik dan prebiotik yang disebut sinbiotik. Istilah sinbiotik digunakan untuk produk yang mengandung probiotik sekaligus prebiotik.

Sinbiotik merupakan penambahan mikroorganisme hidup (probiotik) dan substrat (prebiotik) untuk pertumbuhan bakteri, seperti FOS dengan bifidobacterium atau lacticol dengan lactobacillus, sehingga menghasilkan persenyawaan yang sangat berguna. Kelebihan sinbiotik ini adalah meningkatkan daya tahan hidup probiotik karena pasokan makanannya selalu tersedia sehingga tubuh mendapatkan manfaat yang sempurna. Kata sinbiotik itu sendiri menyiratkan adanya sinergi antara probiotik dan prebiotik, sehingga mampu mewujudkan kinerja yang lebih baik.

Mekanisme kerja sinbiotik akan meningkatkan daya tahan usus. Beberapa manfaat sinbiotik antara lain :

  • Mengubah lingkungan saluran usus baik pH maupun kadar oksigennya sehingga tercipta lingkungan asam dimana kuman “jahat” tidak dapat tumbuh.
  • Merangsang sistem daya tahan tubuh, baik seluler maupun humoral sehingga meningkatkan sistem kekebalan saluran cerna.
  • Melancarkan pencernaan dengan memproduksi berbagai enzim pencernaan dan vitamin.
  • Mampu bersaing dengan bakteri jahat untuk “menempel” di lapisan usus sehingga mengurangi kesempatan bakteri jahat berkembang biak

Dengan mengkonsumsi bahan pangan yang mampu memperbaiki saluran cerna, makan proses sekresi akan lebih mudah. Konstipasi dapat diatasi dan potensi ambeien dan kanker rektum atau kanker usus besar juga dapat dicegah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *