Manfaat Jahe Merah

Jahe merah memiliki efek pembangkit gairah yang lebih moderat di samping khasiat lain yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Jahe merah biasa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan menghangatkan badan.

Ada beberapa nama yang digunakan orang untuk menyebut jahe merah. Orang Jawa biasanya menyebut jahe atau jahe sunti. Sementara di Aceh, tanaman rimpang ini disebut halia. Di mancanegara, jahe merah memiliki nama red ginger (Inggris), khan jian atau chiang bagi orang China.

Jahe merah mengandung banyak senyawa aktif di antaranya, gingerol, zingerone, linoleic acid, stearic acid dan masih banyak lagi. Jahe merah juga mengandung asam amino, protein, resin, diterpene, mineral dan vitamin A. Kandungan minyak asiri di dalamnya ; zingiberene, B-bisabolene, singiberol, zingiberenol, ar-curcumene dan beberapa bentuk aldehid (phellandrene, camphene, geraniol, neral, linalool dan d-nerol)

Khasiat jahe merah yang sudah masyhur adalah untuk menghangatkan badan dan menambah nafsu makan. Pengaruh inilah yang membuat orang yang mengkonsumsi akan merasa segar bugar dan meningkatkan staminanya termasuk gairah seksualnya. Namun peminum jahe merah juga harus berhati-hati karena kandungan senyawa gingerol di dalamnya dapat membuat lambung panas dan teriritasi. Sehingga bagi Anda yang memiliki penyakit maag, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi jahe merah karena dapat menyebabkan maag yang diderita kambuh.

Rajin mengkonsumsi jahe merah dapat merangsang pelepasan hormon adrenalin. Jadi bila Anda ingin kegiatan yang memacu adrenalin, tak perlu repot melakukan bungee jumping atau parasailing, tapi cukup minum seduhan serbuk jahe merah. Hormon adrenalin akan membuat pembuluh darah melebar dan membuat tubuh menjadi hangat, tekanan darah turun serta alirah darah ke seluruh pembuluh darah lebih lancar, termasuk pembuluh darah pada Mr. P. Dengan aliran darah yang lancar, maka Mr. P mampu ereksi dengan baik. Di sampingĀ  itu, kandungan senyawa cineole dan arginine dalam rimpang jahe merah mampu mengatasi keluhan ejakulasi dini.